Minggu, 02 Agustus 2020

Arti Istilah-istilah yang sering digunakan dalam cerita Wattpad

Pengertian Wattpad

Wattpad adalah komunitas online bagi para penulis dan pembaca. Fungsinya tidak jauh berbeda dengan blogger. Kalian dapat membuat akun gratis untuk mulai menulis di Wattpad atau sekedar membaca postingan - postingan di Wattpad, entah itu cerita pendek, cerita bersambung, artikel ataupun puisi.
Wattpad diluncurkan pada Awal November 2006 oleh Allen Lau dan Ivan Yuen.

Banyak orang yang menuangkan hobi menulis nya dalam aplikasi Wattpad. Dan banyak juga cerita yang di terbitkan karena alurnya yang menantang atau karena pemerannya yang bikin penasaran. Pemilihan kata juga menjadi salah satu alasan cerita kita di terbitkan. Banyak juga penulis yang menggunakan istilah-istilah yang kadang kala membuat pembacanya itu bingung. 

Nah,bagi kalian yang masih bingung arti istilah-istilah tersebut. Yuk kita bahas disini.

Arti istilah-istilah yang terdapat di cerita Wattpad

1. Author

Author adalah seorang yang menulis di Wattpad (Penulis) atau biar lebih singkat,biasanya di panggil 'Thor'.

2. Voment [Vote & Coment]

voment itu adalah singkatan dari vote dan komen. Biasanya kalian akan menemukan kata seperti ini dibagian awal atau akhir cerita, yang biasanya penulis tulis untuk mengingatkan kita para pembaca agar memberi komentar dan vote (Saran & Kritik).

3. TBC [To Be Continue]

TBC biasanya berada di bagian paling akhir cerita. TBC (To Be Continue) artinya 'Bersambung' ke part selanjutnya. Adapun ceritanya masih pendek,tapi masih tetap Update. Itu juga sama,Biasanya menggunakan istilah TBC agar pembaca senantiasa menunggu part selanjutnya.

4. POV [Point Of View]

Jika kamu pernah mendengar istilah POV di Wattpad, itu artinya adalah sudut pandang. POV sendiri merupakan singkatan dari Point Of View (sudut pandang). Dan sebenarnya bukan hanya di Wattpad saja, dalam dunia penulisan cerita pada umumnya, POV artinya memang sudut padang, yang biasa digunakan untuk menentukan dari sudut mana sebuah novel ataupun cerpen ditulis dan diceritakan. Apakah dari sudut pandang orang pertama (aku, saya, gue), sudut pandang orang kedua (kau, kamu, elu) atau sudut pandang orang ketiga (dia, mereka).

5. Reader

Jika tadi 'Author' adalah seorang penulis. Maka 'Reader' adalah seorang pembaca. Kebanyakan, penghuni Wattpad merangkap sebagai pembaca (Untuk mencari referensi) dan sebagai Penulis.

6. Mulmed [Multimedia]

Mulmed sebenarnya hanya singkatan dari Multimedia. Dalam dunia Wattpad,biasanya penulis(Author) menambahkan Poto, Vidio,Gif atau yang lainnya untuk mendukung/Menambah imajinasi pembaca. Itu lah yang dimaksud Mulmed (Multimedia).

7. Genre 

Genre artinya Jenis cerita yang dipilih oleh penulis. Gender yang terdapat di aplikasi Wattpad juga cukup banyak,antara lain: Aksi, Cerita Pendek, ChickLit, Fantasi, Fiksi ilmiah, Fiksi remaja, Fiksi sejarah, Fiksi penggemar, Fiksi Umum, Horor, Humor, dsb.

8. Follow 

Jika di Translate kan Follow artinya 'Ikuti'. jadi,jika kalian diminta untuk memfollow akun Wattpad orang lain,silahkan kalian Follow Back atau yang sering disingkat FollBack.

9. Hiatus

Kalo biasanya Hiatus itu gambar vektor. Tapi di dunia Wattpad Hiatus adalah kondisi dimana seorang penulis (Author) tidak melanjutkan cerita yang ditulisnya dalam waktu yang lama,entah itu karena sibuk atau kepentingan lainnya. Tapi suatu saat nanti penulis itu akan menulis kembali, melanjutkan ceritanya yang sempat tertunda.

10. Silent readers

Silent readers adalah istilah bagi pembaca yang tidak pernah memberikan vote ataupun komen pada cerita yang dibacanya.


Nah,Segitu aja ya istilah-istilah di wattpad yang dibahas kali ini. 
Nanti kita lanjut ke postingan part 2 ya:)
Jangan lupa Komen ya:)
TerumTerima

2 komentar:

  1. Waww sangat membantu..😁👍
    Terima kasih🙇

    BalasHapus
  2. Makasih,itu sangat membantu kami para pencinta wattpad🤗🤗

    BalasHapus

Arti Istilah-istilah yang sering digunakan dalam cerita Wattpad

Pengertian Wattpad Wattpad adalah komunitas online bagi para penulis dan pembaca. Fungsinya tidak jauh berbeda dengan blogger. Kalian dapat ...